Pernah terpikirkan untuk transfer uang ke luar negeri? Atau Anda punya keluarga di luar negeri dan ingin mengirimkan uang? Bagaimanakah cara transfer uang ke luar negeri dan dengan apa saja? Simak ulasan berikut ini!

Untuk Anda yang sedang ingin transfer uang ke luar negeri, ternyata ada beberapa fasilitas yang bisa kamu gunakan untuk mengirimkan uang, lho! Transfer uang ke luar negeri ternyata sangat mudah. Hanya saja, masih belum banyak yang mengetahui cara menggunakannya. Di era yang serba cepat dan mudah ini, kamu bisa menggunakan segala kemudahan ini dari mulai belanja, membayar tagihan, mengajukan pinjaman, hingga mengirim uang ke luar negeri. 

Kalau biasanya kita melakukan transaksi hanya di dalam negeri saja, namun transaksi keuangan antara negara juga menjadi hal yang mungkin kamu lakukan dengan mudah dan cepat. Melakukan transfer uang ke luar negeri telah menjadi hal yang biasa terjadi bagi sebagian besar orang yang melek dengan internet dan juga beragam transaksi online. Namun, ada juga yang masih awam dengan sistem transfer uang ke luar negeri. Nah, kali ini TunaiKita akan membahas mengenai cara transfer uang ke luar negeri dan beberapa metode transaksi yang bisa kamu gunakan berikut ini.

Transfer Uang ke Luar Negeri, Ini Caranya!

1. Western Union

Western Union US Customers Can Now Use Apple Pay For Mobile Money Transfers (www.pymnts.com)

Kamu tentu tidak asing dengan salah satu alat transaksi untuk transfer uang ke luar negeri yang satu ini. Ya, Western Union! Western Union ini merupakan sebuah layanan pengiriman uang baik antar kota maupun antar negara hingga di seluruh dunia. Berbeda dengan bank-bank lokal di Indonesia, Western Union  tidak membatasi pengiriman uang hanya di satu negara saja melainkan hingga ke berbagai negara. Sehingga kamu bisa transfer uang dengan mudah meskipun terhalang oleh jarak ribuan kilometer. 

Banyak orang yang memilih metode transaksi dengan menggunakan Western Union, di antaranya: 

  • Pengiriman uang secara cepat
  • Tersebar dimana saja
  • Pengiriman tanpa menggunakan rekening
  • Biaya murah dan aman
  • Tidak ada batas minimum
  • Quick Pay
  • Will Pay

Sedangkan cara mengirim uang ke luar negeri dengan menggunakan Western Union, berikut langkah-langkahnya:

  1. Langka pertama yang harus kamu lakukan yaitu mengisi form aplikasi untuk mengirim uang yang diberikan oleh pihak Western Union. 
  2. Langkah selanjutnya, setelah mengisi form aplikasi, kamu bisa menyerahkan form dan tanda bukti data diri yang masih berlaku, seperti KTP/SIM/Passport ke petugas Western Union. Hal ini dilakukan untuk keamanan transaksi pengiriman kepada pihak penerima. Selain itu, agar pihak Western Union bisa menghubungi kamu apabila terjadi kendala. 
  3. Setelah kamu selesai mengisi form aplikasi, maka kamu harus membayar biaya pengiriman uang agar uang bisa langsung dikirim atau ditransfer dengan cepat ke pihak penerima.
  4. Langkah terakhir, setelah kamu melakukan transaksi, maka kamu bisa langsung mengkonfirmasikan data pengiriman kepada pihak penerima, seperti data berupa nama pengirim, nominal uang yang dikirimkan, nama negara asal, beserta kode referensi untuk transfer atau pengiriman uang.

Baca juga: Seluk Beluk BCA Everyday Card, Mulai Dari Keuntungan Dan Promonya Menariknya

Berikut ini adalah besaran biaya yang dikenakan oleh Western Union dalam pengiriman uang ke luar negeri:

  • Rp100 ribu – 1 juta = Rp45.000
  • Rp2 – 10 juta = Rp90.000
  • Rp11 – 20an juta = Rp180.000
  • Rp30an – 49 juta = Rp360.000
  • Rp50 juta = Rp720.000 

2. Bank ke Bank

How to Pay Chinese Suppliers by T/T Payment (Bank Wire Transfer) (qualityinspection.org)

Sebelum kamu melakukan pengiriman uang ke luar negeri menggunakan bank, kamu harus memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Pastikan bank yang kamu gunakan tidak memiliki jaringan global. Sehingga bank yang akan kamu gunakan untuk transfer uang ke luar negeri tidak terhalang karena keterbatasan area tertentu. 
  • Perhatikan kurs yang digunakan, karena pengiriman ini akan dilakukan ke luar negeri pasti akan ada hubungannya dengan kurs atau nilai tukar mata uang. 
  • Mata uang yang digunakan. Bank bisa saja memiliki kebijakan tersendiri soal mata uang yang digunakan ke negara yang akan kamu kirimkan uang. 
  • Perhatikan biaya pengiriman. Masing-masing bank memiliki kebijakan tersendiri tentang biaya pengiriman dan biasanya bank memberikan biaya yang cukup besar untuk transfer uang ke luar negeri. 

Berikut cara yang bisa kamu lakukan untuk transfer uang ke luar negeri melalui bank, diantaranya:

  1. Datangi bank yang akan kamu gunakan sebagai bank pengirim. Setelah itu, sama seperti Western Union kamu harus mengisi sejumlah data pada formulir pengiriman uang ke luar negeri yang telah mereka sediakan. 
  2. Pastikan kamu mengisi seluruh data tersebut dengan benar, jika memang ada kolom yang kurang kamu pahami, kamu bisa menanyakannya langsung kepada pihak bank agar tidak terjadi kesalahan dalam mengisi informasi yang kamu berikan.
  3. Seperti yang sudah dibahas di atas, kamu harus memperhatikan biaya pengiriman. Jangan lupa untuk menanyakan biaya transfer yang dikenakan oleh pihak bank, sebab besaran biaya ini terbilang cukup tinggi dan berbeda pada setiap bank penyedia jasa.  

3. ATM

Cara Mengambil Uang di ATM Bersama dan Bermacam Bank (fimela.com)

Selain melalui teller bank, kamu bisa melakukan transfer ke luar negeri melalui transfer antar bank melalui fasilitas ATM yang kamu miliki. Namun, sebelum kamu melakukan pengiriman, kamu harus menanyakan kode swift bank yang akan kamu tuju, informasi ini bisa kamu dapatkan dari pihak bank yang kamu gunakan untuk mengirim uang ke luar negeri.

Ingat ya Sobat, lakukan hal ini dengan sangat hati-hati, sebab salah sedikit saja, kamu bisa mengalami kerugian yang besar akibat salah transfer ke rekening orang lain. Masukkan kode dan nomor rekening bank tujuan seperti yang tertera pada layar mesin ATM. Selain itu, pastikan kamu memasukkan nomor rekening dan juga nomor referensi dengan benar, agar transaksi pengiriman uang bisa berjalan dengan lancar. Simpan slip/bukti transfer dengan baik, agar kamu memiliki pegangan jika sewaktu-waktu terjadi kesalahan atau hambatan dalam transaksi yang telah dilakukan.

Baca juga: 3 Jasa Peminjaman Uang Untuk Dapatkan Dana Dalam Waktu Cepat

4. PayPal

paypal.com

PayPal cukup sering digunakan masyarakat dunia untuk mengirim uang. PayPal merupakan sistem pembayaran secara elektronik yang menggantikan transaksi konvensional berupa cek dan transfer uang. Dengan PayPal, ibaratnya kamu mempunyai rekening secara online yang dapat digunakan untuk membeli produk dan menerima dana dari orang yang mempunyai akun PayPal ataupun kartu kredit.

Lalu, apa yang membuat PayPal begitu disukai? Kamu dapat mengakses akun di manapun dan kapanpun, melakukan pembayaran dengan sumber dana baik dari kartu kredit, kartu debit ataupun rekening bank. Walau tak secara khusus ditujukan untuk para penjual, namun PayPal mempermudah pengelola toko online, penjual jasa dan lain-lain untuk menawarkan alternatif pembayaran bagi pelanggan mereka.

Pengiriman uang melalui PayPal dapat dilakukan dengan mudah dan cepat, biaya yang dikenakan juga terbilang rendah. Kamu cukup mengisi kolom transfer yang tersedia dan melakukan proses transfer tersebut dengan mudah melalui laptop atau smartphone. Namun, ketika kamu mengirimkan sejumlah dana melalui rekening PayPal, pastikan kamu memiliki sejumlah saldo di dalam rekening tersebut. 

Karena tidak satupun bank lokal di Indonesia yang dapat melakukan pengisian saldo PayPal hingga saat ini. Untuk mengisi saldo tersebut kamu akan membutuhkan kartu kredit sebagai alat verifikasi PayPal, agar kartu tersebut bisa menjadi sumber dana jika sewaktu-waktu rekening PayPal kamu tidak memiliki saldo yang cukup untuk melakukan transaksi. 

Baca juga: Tiga Bank Dengan KTA Proses Cepat Tanpa Kartu Kredit

Kirim Uang Aman dan Cepat

Dengan adanya beberapa sarana yang bisa kamu gunakan untuk mengirim uang ke luar negeri, tentunya hal itu sangat memudahkan, bukan? Selain itu, jika kamu ingin mengirim uang ke luar negeri pilihlah sarana yang aman dan sesuai dengan kebutuhanmu agar tidak terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.