“Bahagia itu sederhana, sesederhana kamu tersenyum dan bersyukur dengan apa yang sudah kamu miliki”. Seperti ungkapan tersebut kita harus selalu bersyukur dengan apa yang kita miliki, Sobat. Apa yang sudah kamu lakukan untuk membahagiakan diri sendiri? Seberapa pentingnya membahagiakan diri sendiri? Simak ulasannya berikut ini ya!

Bahagia, merupakan yang paling banyak diharapkan dan menjadi goals dari banyak orang, salah satunya mungkin kamu. Dalam kehidupan sehari-hari, setiap orang berjuang untuk mendapatkan kebahagiaannya sendiri.  Selain uang yang kamu dapatkan ketika bekerja, kebahagiaan pun juga patut kamu dapatkan. Dengan cara bekerja keras dan melakukan yang terbaik, kamu pun akan merasa bahagia dengan apa yang kamu capai.

Nah, namun sudahkah kamu berbahagia? Lalu, apa ukuran seseorang berbahagia? Yuk, simak ulasan berikut mengenai cara membahagiakan diri sendiri versi TunaiKita yang bisa kamu wujudkan dan membuat hidupmu jadi semakin berwarna.

Tips Membahagiakan Diri Sendiri. Kamu Butuh Bahagia, Lho!

1. Keluarga yang Selalu Ada

Poll Reveals The 30 Secrets To Happy Family Life – And It’s The Simple Things That Matter (www.mirror.co.uk)

Keluarga merupakan support system yang selalu ada untuk kita, mereka yang selalu ada di barisan terdepan setiap kali kamu membutuhkan bantuan. Mereka selalu ada di saat kamu senang maupun sedih. Tak ada harta yang lebih berharga selain keluarga. Untuk itu, waktu-waktu bersama keluarga menjadi hal paling bahagia dalam hidupmu. Keluarga jadi semangat untuk kamu bertahan dalam masalah sulit sekalipun.

Jadi, jangan biarkan waktu bahagia bersama keluarga lewat begitu saja ya Sobat, karena keluarga selalu senantiasa mendukungmu dalam kondisi dan situasi apapun. 

Baca juga: Rekomendasi Restoran Untuk Berbuka Bersama Keluarga Yang Bisa Menjadi Pilihan Kamu!

2. Berbagi Cerita Bersama Teman Dekat

Best Friend Test: Things You Should Know About Your Ride Or Die (www.kissradio.ca)

Mempunyai banyak teman memang suatu hal yang membahagiakan, karena kamu tidak akan merasa kesepian. Apalagi kamu dan teman-temanmu saling mendukung dan memahami satu sama lain. Kamu bisa menangis, tertawa, dan bercanda bersama. Momen-momen bersama mereka sering kali kamu abadikan baik dalam foto maupun video.

Namun, tidak banyak yang menyadari bahwa mempunyai teman sebagai orang terdekat kita merupakan kebahagiaan tersendiri dalam hidup. Kamu bisa dekat dengan seseorang yang mengerti kamu dan memahami serta menerima kamu apa adanya. Rasanya, tak ada kebahagiaan lain yang bisa diungkapkan jika sudah bersama teman-teman.

3. Menciptakan Karya

17 Sciencetifically Proven Ways To Study Better This Year (www.thebestcolleges.org)

Setiap orang menciptakan kebahagian dengan caranya masing-masing. Begitu pula dengan membuat sebuah karya merupakan suatu kebahagiaan tersendiri bagi sebagian orang. Dengan menciptakan dan memberikan suatu hal atau ide yang bermanfaat untuk banyak orang, merupakan suatu kebahagiaan atau kepuasan tersendiri. Apalagi, ketika karya itu dipuji dan diapresiasi sebagai sebuah karya yang bagus. 

Itu tentu menjadi sesuatu yang paling membahagiakan, bukan? Untuk itu, kamu juga harus mendorong dirimu untuk membuat karya dan diingat orang sebagai salah satu pembuat karya terbaik. Apapun dan dimanapun bidangmu, kamu bisa mendapat bahagia dengan membuahkan karya yang bisa dinikmati oleh orang lain. Selalu tetap berkarya ya, Sobat!

4. Dicintai dan Dihargai

Being Loved and Loving: A Personal Reflection (www.mcbc.ca)

Cara sederhana untuk membahagiakan diri sendiri yang selanjutnya yaitu dicintai dan dihargai. Siapa yang tidak suka dicintai dan dihargai? Semua orang, akan merasa bahagia ketika merasa dicintai dan dihargai kehadirannya di suatu tempat. Perasaan itu bisa jadi akan semakin bertambah ketika kamu bisa memberikan kontribusi yang maksimal untuk orang-orang di sekitar kamu. 

Untuk itu, kamu juga harus berjuang sehingga orang lain akan dengan sepenuh hati mencintai dan menghargai kehadiranmu di sana. Jika kedua hal dan perasaan ini sudah kamu dapat, hidupmu tentu akan semakin indah dan bahagia dengan definisi bahagia yang tepat.

Baca juga: Budayakan Hidup Minimalis. Millennials Wajib Tahu 7 Keuntungannya

5. Belajar Dari Kesalahan

9 Kesalahan yang Saya Lakukan Selama Jadi Mahasiswa (www.youthmanual.com)

Semua orang pasti pernah berbuat kesalahan. Hal itu sudah menjadi suatu hal yang biasa. Namun, hal yang luar biasa jika kamu bisa belajar dari kesalahan tersebut dan memberikan efek positif dari hidupmu kedepannya.

Hidupmu tentu akan lebih bahagia ketika kamu bisa melakukan hal yang lebih baik lagi yang berawal dari kesalahan. Yang lebih membahagiakan adalah ketika hasil pembelajaran kamu itu mendapat pujian dari banyak orang. Untuk itu, jadikan kesalahanmu sebagai pembelajaran hidup. Jangan mudah menyerah dan semangat, Sobat!

6. Berbagi dengan Sesama

Manfaat Ini Bisa Buat Anda Untuk Berbagi ke Sesama (www.baliberkarya.com)

Jika kamu mencari arti dan definisi dari bahagia, mulailah dengan sering memberi. Kamu pasti akan merasakan sebuah perasaan dimana bangga dan senang bahwa kamu bisa berguna bagi orang lain, terutama mereka yang hidup dalam kekurangan. 

Kamu tak perlu punya banyak uang atau harta dulu untuk memberi. Hal-hal kecil seperti berbagi makanan atau berbagi ilmu juga baik untuk kamu lakukan. Kebahagiaanmu tentu akan berlipat ganda ketika kamu melihat ilmu yang kamu berikan membantu orang lain untuk merubah hidupnya. 

7. Be Yourself!

15 Brave Quotes to Inspire You to Be Yourself (www.success.com)

Cara sederhana lainnya yang bisa buat diri sendiri bahagia adalah menjadi diri sendiri dan bebas menjadi apa yang kamu mau. Jangan pernah membatasi diri kamu untuk mengeksplor dan berekspresi. Selama kamu bisa mencapai tujuan hidupmu, terus lakukanlah. Kamu tidak merasa bahwa untuk disenangi orang lain, kamu perlu merubah bagaimana adanya dirimu. 

Kamu bebas mengatur hidupmu dengan arah dan tujuan hidupmu tanpa ada orang lain yang mencoba mencampuri dan mempengaruhi dirimu. Tapi, jangan lupa buat kebebasanmu agar tetap dalam lingkaran aturan dan norma yang berlaku.  

8. Sehat yang Paling Penting

Predict How Many Healthy Years of Life You Have Left (www.rd.com)

Yang terakhir, kamu pasti setuju bahwa kebahagiaan didapat ketika kamu merasa sehat dalam menjalani hidup. Kamu bebas melompat, berlari, berjalan, atau melakukan hal yang kamu senangi. Jika tubuhmu merasa sehat, kamupun bebas melakukan apapun, termasuk melakukan hal yang berat seperti beratnya pekerjaanmu di kantor. Dengan tubuh yang sehat, kamu bisa menikmati segala yang orang mungkin tak bisa lakukan. Itulah mengapa sangat penting untuk kamu menjaga kesehatan. Cobalah untuk hidup sehat dengan makan makanan yang bergizi dan tidak lupa untuk minum vitamin ya, Sobat!

Baca juga: Realisasikan Resolusimu Tahun 2019 Dengan 7 Cara Ini!

Bahagia itu Sederhana

Nah, ternyata ada banyak cara membahagiakan diri sendiri tergantung bagaimana kamu menerapkannya. Untuk selalu merasa bahagia, jangan lupa juga untuk selalu bersyukur ya, Sobat!