Uang receh atau uang koin sering dianggap remeh oleh sebagian orang karena bikin berat bahkan mengganggu di dompet. Padahal ada banyak manfaat uang koin yang bisa kamu dapatkan, lho! Apa saja? Berikut ulasan mengenai manfaat uang koin.

Tak sedikit orang yang meremehkan uang receh karena nominalnya yang kecil. Makanya tidak heran kalau sering kali uang koin diletakkan begitu saja. Sayangnya tidak banyak yang tahu kalau koin ternyata punya banyak manfaat lho. Selain itu, sudah banyak sekali orang yang bisa membeli barang mewah nan mahal karena mengumpulkan uang koin.

Untuk itu, jika kamu mendapatkan kembalian uang receh, jangan diabaikan begitu saja ya, Sobat. Lebih baik kamu simpan atau kumpulkan, sebab uang receh tersebut akan mendatangkan banyak manfaat di kemudian hari. Walaupun sebagian besar orang ada yang tidak suka dengan uang receh. Karena uang receh dianggap hanya membuat dompet menjadi berat, susah dilipat dan memiliki bunyi yang berisik. Tapi perlu diketahui kalau uang receh juga memainkan peranan penting dalam perekonomian setiap orang.

Nah, kali ini TimiKimi akan memberikan informasi tentang beberapa manfaat uang koin berikut ini!

Manfaat Uang Koin yang Sering Diabaikan

1. Beramal

7 Alasan Mengapa Kita Harus Selalu Beramal (bogor.tribunnews.com)

Di luar sana masih banyak orang yang membutuhkan uang sekecil apapun dari kita. Gunakan uang receh yang kamu punya untuk membantu mereka yang lebih membutuhkan ini, daripada stok koin di dompetmu bikin berisik dan menganggu. Sayang banget kan daripada koin-koin itu hilang atau kamu sepelekan, lebih baik disisihkan bagi yang kurang mampu dan lebih membutuhkan. Oleh karena itu, sebaiknya selalu sediakan uang receh di kantongmu tiap pergi kemanapun.

Baca juga: Sudah Punya PLN Mobile? Ini Keuntungan Lainnya Yang Belum Banyak Orang Ketahui

2. Media Untuk Mengajarkan Anak Menabung

Menabung memang harus diajarkan kepada anak sejak dini agar memiliki kebiasaan menyisihkan uang untuk di tabung. Pasalnya meski terkesan sepele, nyatanya masih banyak orang yang selalu gagal menabung dan ujungnya hanya membuat keuangannya jadi berantakan.

Nah, karena itu kamu perlu sekali untuk mengajarkan anak menabung dengan memanfaatkan uang receh sebagai medianya. Kamu bisa membelikan celengan yang lucu berbentuk buah atau hewan agar anak semakin bersemangat menabung.

3. Sebagai Media Pengobatan

Koin ternyata juga bisa menjadi media pengobatan lho, Sobat! Hampir setiap orang pasti pernah merasakan masuk angin. Masuk angin sepertinya jadi salah satu penyakit langganan setiap orang. Selain minum obat, ternyata masih banyak orang yang melakukan kerikan di tubuh bagian belakang atau sekitar punggung untuk menyembuhkannya. Nah, untuk kerikan media yang digunakan biasanya menggunakan uang receh dengan nominal Rp 500 atau Rp 1.000. Sepele memang, tapi sangat bermanfaat bukan?

4. Meredam Panas Laptop

Uang Koin Bisa Bikin Laptop Kamu Dingin Meski Dipakai Seharian (kumparan.com)

Manfaat uang koin selanjutnya yaitu uang koin dapat meredam panas laptop. Memang belum banyak yang mengetahui kalau uang koin dapat meredam panas laptop. Seseorang asal Jepang menemukan cara unik ini menjelaskan kalau tembaga yang ada pada uang koin ternyata lebih bagus sebagai konduktor panas daripada alumunium di laptop.

Cara mengaplikasikannya pun cukup mudah, kamu hanya perlu menumpuk beberapa uang koin di atas laptop dan panas laptop pun dapat kembali dingin dalam waktu 30 menit hingga satu jam.

Baca juga: Punya Brand Dan Bingung Cari Logo? Ini Alasan Kenapa Pembuatan Logo Itu Mahal

5. Berguna saat Dalam Keadaan Darurat

5 Makanan Hemat Kesukaan Anak Kos (newslifestyle4u.blogspot.com)

Jika kamu dapat kembalian uang receh dari belanja, kamu bisa sisihkan di satu wadah atau ke dalam celengan. Simpan baik-baik secara perlahan hingga menjadi penuh, hitung-hitung melatih diri untuk menabung. Ketika kamu sedang dalam keadaan darurat seperti tidak punya uang sama sekali, maka uang receh yang kamu simpan sebelumnya akan terasa sekali manfaatnya.

Apalagi untuk anak kost, pastinya mengerti bagaimana rasanya saat belum mendapat kiriman dari orang tua. Sedangkan uang untuk makan sudah habis, persediaan beras, minyak, dan lainnya ikut ludes. Dengan begitu, kamu akan berpikir keras mencari cara bagaimana solusi cepat untuk mengisi perut yang mulai keroncongan.

Tapi dengan uang receh yang dimiliki, kamu tidak perlu khawatir lagi disaat kondisi yang darurat seperti ini, sebab uang receh tersebut dapat menolong perut untuk sekedar membeli dua bungkus mie instan.

6. Sebagai Koleksi Pribadi

Koleksi pribadi tidak harus barang-barang import yang mahal, salah satunya dengan mengoleksi barang-barang antik yang hanya ada satu di dunia, atau barang-barang peninggalan pra sejarah yang sudah beribu-ribu tahun yang lalu, misalnya uang logam atau receh.

Jangan salah, walau hanya receh yang dikumpulkan juga bisa menjadi koleksi pribadimu yang jika dijual di masa depan akan memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Kamu juga bisa saling bertukar uang logam dengan para kolektor koin lainnya. Jika tidak percaya? Buktikan saja sendiri.

7. Investasi

Bisakah Anda Investasi Reksadana Dengan Modal Rendah? (www.aturduit.com)

Tahu nggak, Sobat? Uang koin juga bisa dijadikan sebagai investasi lho, namun memang harus sabar menunggu selama bertahun-tahun. Ya, anggap aja salah satu warisan buat cucu dan cicit di kemudian hari. Jadi bisa dibilang uang koin yang saat ini beredar dan kamu sia-siakan, justru kedepannya akan menjadi benda yang diburu oleh para kolektor yang tentu saja nilainya akan berkali-kali lipat.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Pisahkan Tabungan Pribadi Dan Bisnis

Jangan Sepelekan Hal Kecil

Nah, Sobat itu dia tujuh manfaat uang koin yang akan sangat membantu kehidupan kamu. Janganlah langsung menyepelekan sesuatu hal yang terlihat kecil, sebab tidak semua hal kecil tidak memiliki manfaat.

Buktinya saja dari uang receh yang biasa diabaikan begitu saja tapi bila dikumpulkan banyak memberikan manfaat yang besar di kemudian hari untuk membantu dalam persoalan keuangan. Dengan segudang manfaat uang receh, yakin masih mau disepelekan?