Seluk Beluk Asuransi Pendidikan Anak, Manfaat dan Tips Memilih yang Terbaik

asuransi pendidikan anak

Tak sedikit masyarakat Indonesia yang meremehkan asuransi pendidikan anak. Padahal ada banyak manfaat yang didapat, bukan hanya untuk sang buah hati, tapi juga orang tua. Supaya lebih bisa mengenal lebih dalam, coba ketahui dulu apa saja manfaat yang dimiliki serta bagaimana tips memilihnya yang benar.

Pendidikan anak menjadi hal penting yang seringkali dirisaukan oleh orang tua karena semua orang tua pasti menginginkan anaknya mendapat pendidikan yang tinggi supaya bisa mendapat kehidupan yang layak nantinya. Tak jarang kita menemukan ada anak yang terpaksa harus putus sekolah karena kondisi ekonomi keluarga yang buruk. Biaya pendidikan memang memakan dana yang cukup banyak. Semakin tinggi pendidikan anak yang dijalani, maka semakin tinggi pula biaya yang dikeluarkan oleh orang tua.

Permasalahan seperti ini sebenarnya ada solusi cerdasnya yakni dengan cara memiliki asuransi pendidikan anak. Layaknya prinsip asuransi pada umumnya yang melindungi sang pemilik polis, asuransi pendidikan anak terbaik juga bisa melindungi pendidikan anak hingga ke jenjang yang lebih tinggi. Setiap bulannya, orang tua harus membayarkan sejumlah dana atau yang disebut premi hingga masa berlaku polis berakhir. Lantas apa perbedaannya dengan tabungan pendidikan anak?

Biaya Pendidikan (www.coastalwealthmanagement24.com)

Banyak yang bertanya-tanya apa perbedaan dari asuransi pendidikan anak dengan tabungan pendidikan anak. Meski sama-sama akan digunakan untuk dana pendidikan anak, tapi keduanya ini tidaklah sama alias berbeda satu sama lain. Tabungan pendidikan dikeluarkan oleh bank sehingga ada jaminan dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Layaknya tabungan pada umumnya, tabungan pendidikan juga mendapatkan bunga perbulannya.

Sedangkan untuk asuransi pendidikan anak dikeluarkan oleh perusahaan asuransi. Biasanya dalam asuransi pendidikan anak akan ada investasi di dalamnya seperti reksadana, obligasi, dan lain sebagainya sehingga kamu bisa mendapakan keuntungan lebih. Berhubung tingkat keuntungannya lebih tinggi, asuransi pendidikan anak dinilai lebih beresiko dibanding tabungan pendidikan anak.

Baca juga: Harus Tahu Pentingnya Asuransi Untuk Millennials

Manfaat Asuransi Pendidikan Anak

Pendidikan Anak (www.livemint.com)

Tak kenal maka tak sayang. Buat kamu yang masih ragu untuk mengambil asuransi pendidikan anak, coba pelajari dulu apa saja manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan memiliki asuransi pendidikan anak.

1. Menjamin Ketersediaan Dana Pendidikan untuk Anak

Manfaat yang pertama sudah pasti kamu bisa menjamin ketersediaan dana pendidikan untuk buah hati hingga mereka bisa mencapai tingkat pendidikan tertentu. Jika kamu hanya mengandalkan tabungan pendidikan anak saja, uang yang ditabung bisa termakan oleh inflasi. Coba saja bayangkan dalam jangka waktu 5 tahun hingga 10 tahun lagi, apakah dana yang kamu simpan di dalam tabungan pendidikan cukup untuk membiayai pendidikan anak?

Jika memiliki asuransi pendidikan anak prudential, dengan adanya keuntungan yang tinggi, maka dana yang akan kamu dapatkan juga akan berlipat sehingga di kemudian hari dana akan mencukupi biaya pendidikan anak.

2. Merencanakan Masa Depan Anak Agar Lebih Cerah

Pendidikan Anak (www.tatacapital.com)

Dengan memiliki asuransi pendidikan anak, secara tidak langsung kamu sudah merencanakan masa depan anak sejak dini. Ketika mendaftar asuransi pendidikan anak, kamu akan ditanya ingin menentukan pendidikan anak hingga jenjang pendidikan apa? Jika kamu ingin buah hati mendapat gelar sarjana S1, maka pihak asuransi akan memberikan perhitungan premi per bulan yang harus dibayar hingga anak bisa menyelesaikan kuliah.

3. Menstabilkan Keuangan Keluarga

Kita sebagai orang tua seringkali malas untuk menabung, baik itu untuk menabung dana pensiun hingga dana untuk pendidikan anak. Biasanya ada saja alasan yang dibuat sehingga menabung menjadi hal yang selalu ditunda-tunda. Tapi jika dana pendidikan anak tidak disiapkan sejak dini, maka nantinya kamu akan mengalami kesulitan keuangan karena dana pendidikan akan semakin mahal setiap tahunnya. Dengan memiliki asuransi pendidikan anak, maka kamu bisa terhindar dari kesulitan ekonomi tersebut sehingga keuangan keluarga bisa stabil dikarenakan perencanaan yang matang.

4. Memberikan Rasa Tenang dan Aman untuk Orang Tua

Keluarga (humanenrich.com)

Sebagai orang tua pastinya ada ketakutan tersendiri jika sewaktu-waktu terjadi resiko dalam hidup yang tidak dapat diduga seperti terkena sakit yang menyebabkan tidak bisa bekerja lagi hingga resiko meninggal dunia. Saat terjadi resiko tersebut dan anak sekolah bagaimana? Dengan adanya asuransi pendidikan anak, maka kamu akan merasa tenang dan aman karena dana pendidikan anak sudah ada yang mencover. Jadi tidak perlu cemas kalau anak tidak bisa mendapatkan pendidikan yang tinggi.

5. Bisa Mendapat Manfaat Ekstra

Biasanya dalam asuransi pendidikan anak, akan ada manfaat ekstra yang diberikan. Mulai dari manfaat tambahan asuransi kesehatan bagi buah hati. Jadi kalau tertanggung alias anak sakit dan harus dirawat inap di rumah sakit, maka anak akan mendapatkan perlindungan dari manfaat ekstra asuransi pendidikan anak tersebut. Ditambah lagi, jika di pertengahan kontrak polis berlangsung, orang tua meninggal dua, biasanya pihak asuransi akan memberikan santunan atau bebas premi. Tapi kebijakan itu tergantung dari masing-masing perusahaan asuransi.

Baca juga: Tips Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga Terbaik Untuk Kamu

Tips Memilih Asuransi Pendidikan Anak

Asuransi Pendidikan (careers360.mobil)

Supaya kamu bisa memilih asuransi pendidikan anak yang benar, ketahui dulu beberapa tips dari TimiKimi di bawah ini:

  • Pilih Produk Asuransi Pendidikan Anak yang Sesuai

Hal yang pertama perlu kamu lakukan adalah memilih produk asuransi pendidikan anak yang sesuai dengan kebutuhan. Ada dua jenis produk asuransi pendidikan anak, yaitu asuransi pendidikan anak murni atau dwiguna dan asuransi pendidikan anak unit link. Untuk asuransi pendidikan anak murni memang hanya terdiri dari asuransi saja, tapi untuk asuransi pendidikan anak unit link mengandung unsur investasi di dalamnya sehingga harga preminya akan lebih besar.

  • Baca Syarat dan Ketentuan Polis dengan Teliti

Penting untuk membaca syarat dan ketentuan yang tertera dalam polis (surat perjanjian) asuransi pendidikan anak dengan teliti. Jangan sekali-kali kamu hanya membacanya sekilas saja. Dengan membaca berulang kali, kamu bisa mengetahui syarat dan ketentuan yang berlaku, mulai dari sistem pembayaran, biaya tambahan apa saja yang dikenakan, hingga prosedur pencairan dananya.

  • Lihat Kemampuan Finansial

Menghitung Pinjaman Online Langsung Cair (Sumber: www.creditcardscanada.ca)

Terakhir adalah melihat kemampuan finansial keluargamu. Jangan terlalu memaksakan diri untuk mengambil premi yang tinggi karena kamu menginginkan buah hati mendapatkan pendidikan yang terbaik. Sebaiknya lakukan perhitungan keuangan supaya kamu bisa mengetahui berapa nominal dana yang sanggup disisihkan per bulannya untuk membayar premi asuransi pendidikan anak. Setelah mengetahui nominal angkanya, maka kamu bisa menyesuaikan dengan pilihan produk asuransi yang ditawarkan.

Baca juga: Manakah Yang Lebih Baik, BPJS Kesehatan Atau Asuransi Kesehatan?

Tidak Memiliki Dana untuk Membayar Asuransi Pendidikan Anak Bulan Ini? Kamu Bisa Andalkan Pinjaman Online

Asuransi Pendidikan (tosshub.com)

Dalam hidup memang tidak ada yang bisa kita duga sebelumnya. Termasuk dalam hal keuangan keluarga. Bisa saja kamu ada keperluan mendadak sehingga dana yang tadinya untuk membayar asuransi pendidikan anak terpaksa harus dipakai dulu. Jangan sampai karena tidak ada dana untuk membayar asuransi pendidikan anak, lantas kamu memutuskan kontrak atau membatalkan polis asuransi pendidikan anak yang sudah berjalan.

Kamu bisa mengajukan pinjaman online dulu untuk membayar premi asuransi pendidikan anak sebelum menunggu gajian atau mendapat penghasilan di bulan depan. Ajukan pinjaman online melalui aplikasi TunaiKita yang aman dan terpercaya karena sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Pinjaman yang diberikan oleh TunaiKita berkisar antara Rp1 juta hingga Rp20 juta dengan jangka waktu cicilan hingga 6 bulan. Kamu cukup menyediakan KTP, NPWP, dan nomor rekening bank lokal seperti BCA, BNI, BRI, Bank Mandiri, Bank Mega, Bank Permata, dan Bank Danamon.

TunaiKita (Sumber: www.tunaikita.com)

Jika syarat sudah dipenuhi, unduh aplikasi TunaiKita yang ada di PlayStore atau AppStore dan lakukan registrasi supaya bisa login. Jika sudah berhasil login, kamu bisa mengisi kelengkapan dokumen, jumlah pinjaman yang diminta, dan jangka waktu pinjaman yang kamu sanggupi lalu klik mulai ajukan. Tunggu pihak TunaiKita melakukan verifikasi dan memproses peminjaman. Jika pengajuanmu lolos, maka dana akan langsung ditransfer ke rekeningmu. Tidak sulit bukan?

Dengan adanya informasi di atas, semoga nantinya kamu sebagai orang tua bisa memberikan pendidikan yang tinggi dengan memiliki asuransi pendidikan anak.