Lebaran Tinggal 1 Bulan Lagi, Intip Tips Persiapan Mudik Ala TimiKimi!

Waktu puasa akan segera tiba, seminggu lagi semua umat muslim di dunia akan menjalankan ibadah puasa. Selain momen puasa, lebaran juga merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu, khususnya mudik. Nah, apa sajakah yang harus kamu siapkan untuk mudik pada lebaran kali ini? Simak di sini yuk!

Lebaran adalah momen satu tahun sekali yang dapat dimanfaatkan untuk berkumpul bersama kerabat tercinta. Untuk kamu yang berada jauh di kampung halaman, lebaran adalah waktu untuk mudik. Setelah hampir satu tahun tidak bertemu dengan mereka yang ada di kampung halaman, kini saatnya pulang dan bersilaturahmi dengan saudara di sana. Selain itu, yang khas dari lebaran yaitu mudik. Dimana semua perantau pulang ke kampung halaman masing-masing.

Ada beragam pilihan cara mudik, mudik dengan transportasi umum atau pribadi, lalu pilihan mudik dengan transportasi darat, udara atau laut. Untuk pemilihan transportasi umum, mudik biasanya dilakukan jauh-jauh hari guna mengantisipasi kenaikan harga tiket kendaraan umum seperti kereta api, bus, pesawat terbang dan kapal laut.

Umumnya, semakin dekat dengan hari raya maka harga tiket juga melambung kian tinggi dibandingkan dengan tiket di luar hari besar. Tidak heran jika sekarang orang-orang lebih memilih mudik dengan menggunakan transportasi pribadi seperti mobil dan sepeda motor. Sebab, bisa menekan ongkos transportasi. Namun, masing-masing memiliki nilai plus dan minus.

Persiapan Mudik Lebaran Agar Aman dan Nyaman

1. Tentukan Kendaraan yang Akan Digunakan

Source: Google

Ada beragam pilihan kendaraan yang dapat kamu pilih untuk menuju kampung halaman. Pilihlah kendaraan yang menurut kamu paling aman dan nyaman. Jika kamu mengendarai kendaraan pribadi seperti mobil. Lakukanlah pemeriksaan dan persiapkan terlebih dahulu kendaraan seperti memeriksakannya ke bengkel. Hal ini penting dilakukan agar perjalanan mudikmu jadi lebih aman dan nyaman. Kemudian, kamu bisa mencari jalur mudik alternatif yang aman. Persiapan jalur yang matang dapat membantu kamu mengurangi kemacetan di jalan.

Baca juga: Cara Mendapatkan Tiket Murah Walau Sedang Tidak Promo

2. Atur Anggaran Pengeluaran Selama Mudik

Source: Google

Selama perjalanan mudik akan ada banyak pengeluaran yang akan kamu keluarkan untuk sampai di tempat tujuan. Pastikan beberapa minggu sebelum mudik, kamu membuat daftar anggaran pengeluaran mudik. Seperti anggaran untuk tiket, penginapan, angpao lebaran untuk keluarga, oleh-oleh, serta pengeluaran yang tidak terduga. Persiapan anggaran tersebut dapat membantumu mengetahui berapa besar pengeluaran yang kamu habiskan dan dapat mempersiapkan keuangan kamu sebelum pergi mudik.

3. Persiapkan Barang Bawaan

Persiapan mudik yang harus kamu lakukan berikutnya adalah membuat daftar barang bawaan beberapa hati sebelum pergi mudik. Hal ini dilakukan agar tidak ada barang yang tertinggal. Jangan sampai ada barang penting, seperti charger gadget atau kamera yang tertinggal karena lokasi tujuan yang jauh dari kota akan menyulitkan mencari barang pengganti yang tertinggal.

Daftar tersebut juga berguna supaya tidak terlalu banyak barang bawaan karena nanti akan merepotkan dan memakan tempat di dalam mobilmu. Dan dapat dipastikan saat pulang barang yang kamu bawa untuk kembali pulang akan bertambah, belum lagi dengan oleh-oleh kan?

4. Siapkan Fisik dan Obat-Obatan Pribadi

Mudik dapat dikatakan sebagai aktivitas yang cukup melelahkan. Kamu harus mempersiapkan fisik yang prima agar tidak mudah sakit di perjalanan. Apalagi jika kamu mengendarai kendaraan pribadi, tentu kamu harus siapkan kondisi fisik yang prima agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan. Olahraga rutin setiap hari dan istirahat yang cukup serta makan-makanan kaya serat untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat.

Jangan lupa juga persiapkan kotak P3K dan juga obat-obatan pribadi, jadi jika ada yang sakit di tengah perjalanan bisa langsung segera diobati, sehingga dapat melanjutkan perjalanan mudik dengan aman dan nyaman.

Baca juga: Jangan Lupa! Tiket Kereta Api Untuk Mudik Sudah Bisa Dipesan Sekarang

5. Siapkan Uang Tunai

Source: Google

Persiapan mudik selanjutnya yaitu siapkan uang tunai selama perjalanan mudikmu, khususnya uang kecil. Karena selama perjalanan mudik pasti kamu akan berhenti di rest area untuk makan dan buang air kecil dan untuk biaya tidak terduga lainnya. Selain itu, tidak banyak tersedianya mesin ATM menjadi alasan untuk mempersiapkan uang tunai yang cukup. Siapkan uang tunai yang cukup dan siapkan juga uang tunai cadangan. Sebaiknya, uang tunai cadangan dipisahkan tempatnya agar tidak terpakai untuk hal yang tidak terlalu penting.

6. Siapkan Hiburan Selama Perjalanan Mudik

Source: Google

Selama perjalanan mudik, tentu kamu membutuhkan hiburan agar perjalananmu tidak membosankan. Nah, untuk itu siapkan smartphone kamu dan pastikan baterainya terisi penuh, jangan lupa juga untuk membawa powerbank untuk mengisi daya kembali jika smartphone-mu habis baterai. Selain gadget, buku menjadi pilihan lain untuk mengisi kebosanan selama perjalanan mudik. Kamu juga bisa membawa permainan lainnya yang bisa kamu mainkan bersama keluarga selama perjalanan mudik.

7. Hindari Mengangkut Penumpang Lebih dari Kapasitas

Untuk keselamatan dan kenyamanan ketika mudik, sebaiknya hindari mengangkut beban orang yang melebihi kapasitas dari kendaraan kamu. Karena setiap kendaraan didesain khusus untuk mengangkut beban atau orang sesuai kapasitasnya masing-masing. Namun, jika terjadi kelebihan beban, hal ini berpotensi pada keselamatan semua penumpangnya. Untuk itu, jangan mengangkut penumpang lebih dari kapasitas agar perjalanan mudikmu lebih aman.

Baca juga: 5 Pinjaman Mudah Yang Bisa Diandalkan Untuk Buka Bisnis Ramadhan

Utamakan Keselamatan Saat Mudik Lebaran

Dalam melakukan perjalanan mudik utamakan keselamatan kamu dan keluarga, persiapkan semuanya dengan matang. Jangan sampai karena kurangnya persiapan malah jadi menganggu perjalanan mudik kamu. Hati-hati selalu dalam berkendara, karena pada saat ramai mudik lebaran sangat rawan terjadi kecelakaan. Untuk itu, utamakan keselamatan ya, Sobat!