Ingin Menjadi Pengusaha Sukses? Hindari Memikirkan Hal Ini

Menjadi seorang pengusaha sukses memang membutuhkan tekad dan usaha super ekstra. Selain harus konsisten dalam membangun bisnis, kamu juga harus menghilangkan pikiran-pikiran negatif yang bisa mengganggu proses pengembangan bisnismu. Simak ulasan TunaiKita berikut yuk!

Melihat fenomena pengusaha muda sukses di tahun 2019 ini, tentu menjadi motivasi bagi banyak kalangan untuk memulai bisnis mereka sendiri. Mulai dari bisnis makanan, pakaian jadi, barang elektronik, kosmetik, dan bisnis-bisnis lain yang sekarang sedang happening di Media Sosial. 

Hal paling utama yang harus kita pahami jika ingin memulai bisnis adalah: Memulai bisnis bukanlah perkara mudah. Akan ada banyak sekali rintangan dan hambatan yang akan kita temukan di tengah-tengah perjalanan mengembangkan bisnis nantinya. Akan tetapi, solusi untuk permasalahan ini cukup sederhana, Sobat. Kamu hanya perlu menjauhi pikiran-pikiran negatif.

Baca juga: Ketahui Lima Pilihan Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan

Hindari Memikirkan 5 Hal Ini Jika Ingin Sukses Berbisnis

  • Bisnis adalah hal yang sulit

Hal pertama yang harus kamu jauhi dari pikiran ketika akan memulai sebuah bisnis adalah: Bisnis merupakan hal yang sulit untuk dijalankan.

Tidak dipungkiri bahwa memulai sebuah bisnis memang tidaklah mudah. Banyak sekali hal yang harus dipikirkan dan dipersiapkan dengan matang. Akan tetapi, berpikir bahwa menjalani bisnis merupakan hal yang sulit, bukan salah satunya. 

Merupakan hal yang wajib untuk menanamkan pemikiran positif ketika akan menjalani dan membangun sebuah usaha. Menyuntikkan afirmasi kepada diri sendiri bahwa kita mampu untuk melakukannya merupakan kunci awal untuk menjadi seorang pebisnis yang sukses. Jika dari awal sudah berpikir buruk akan kemampuan diri sendiri, bagaimana mungkin kita bisa berhasil mewujudkan bisnis impian kita?

  • Tidak siap menerima penolakan

Hal kedua yang juga menjadi kendala pada diri calon wirausaha adalah tidak siap ketika menerima penolakan. Hal ini sering sekali terpikirkan ketika kita akan memulai sebuah bisnis, bukan? Takut produk atau jasa yang disediakan tidak diterima oleh pasar, atau lebih parahnya takut ide bisnis yang kita rencanakan dicemooh oleh banyak orang.

Sobat, segala bentuk ide dan gagasan memiliki nilainya tersendiri. Jika kamu memiliki ide bisnis yang menurutmu bisa kamu jalani dan kamu paham betul akan seluruh proses bisnisnya, jangan patah semangat hanya karena penolakan segelintir orang di awal. Kamu harus meyakinkan dirimu bahwa ide bisnis yang kamu miliki layak untuk dicoba. Kamu juga bisa meminta saran kepada orang-orang yang dirasa memiliki pemahaman dan pengetahuan tentang bisnis. 

  • Usia yang tepat untuk memiliki bisnis

Ini merupakan hal ketiga yang tidak boleh dipikirkan ketika akan memulai sebuah bisnis. Merasa terlalu muda atau terlalu tua untuk mengembangkan sebuah bisnis.

Seperti yang sudah kita bahas di bagian awal artikel, banyak sekali pengusaha sukses di tahun 2019 ini yang masih berusia sekitar 20 hingga 30 tahun. Meski banyak sekali opini bahwa sebuah bisnis akan sukses dikembangkan ketika kita memasuki usia yang matang. Jangan takut Sobat, tidak ada istilahnya terlalu awal untuk memulai. 

Sebaliknya, tidak pernah ada kata terlambat untuk memulai sesuatu. Memulai sebuah bisnis berbeda halnya dengan memulai karir, Sobat. Jika kamu baru akan memulai bisnismu di umur 35 atau 40 tahun, kamu sama sekali tidak perlu mengkhawatirkan hal itu. Kamu masih bisa menyalurkan ide-ide dan gagasanmu menjadi sebuah unit bisnis yang akan kamu jadikan sumber pendapatan nantinya. Kuncinya adalah, kamu harus terus siaga melihat peluang dan kesempatan yang ada  

  • Menginginkan keuntungan dalam waktu singkat

Hal selanjutnya yang wajib, harus, dan tidak boleh kamu pikirkan ketika baru akan memulai bisnis adalah keuntungan instan.

Sebagai seorang calon pebisnis yang sukses, kamu harus meyakini proses. Segala sesuatu yang kita jalani pasti membutuhkan proses dan waktu. Letakkan fokus pada pengembangan bisnis terlebih dahulu sebelum memikirkan keuntungan yang besar. Buat timeline plan dengan matang agar bisa kamu jadikan acuan ketika bisnismu mulai berjalan. 

Memang tidak ada salahnya Sobat, berangan-angan mendapatkan keuntungan dalam kurun waktu yang singkat dan nominal yang lumayan. Akan tetapi, ini akan menjadi pemikiran yang membahayakan stabilitasmu ketika menjalani sebuah bisnis nanti. Jangan sampai, ketika ekspektasi yang terlampau tinggi tidak terpenuhi, kamu malah kehilangan semangat dan berhenti di tengah jalan. 

Baca juga: 5 Bisnis Dengan Modal Kurang Dari 1 Juta Yang Cocok Untuk Pemula. Coba Yuk!

  • Tidak berani gagal

Kemungkinan gagal ketika menjalani sebuah bisnis bukan merupakan hal yang tidak mungkin terjadi. Kegagalan merupakan bagian dari pendewasaan yang harus kamu hadapi ketika kamu sedang belajar merintis bisnis. Jika dari awal sudah takut memulai karena tidak berani menerima kegagalan, maka jarak untuk mencapai kesuksesan juga akan semakin jauh, Sobat.

Kamu bisa mencari referensi atau ulasan tentang cerita di balik kesuksesan pebisnis Indonesia. Hampir seluruh pelaku bisnis yang merajai industri ini menghadapi hal-hal yang tidak diharapkan. Rintangan, hambatan, dan tidak jarang kegagalan. Oleh karena itu, jangan pernah takut untuk gagal Sobat. Persiapkan rencana lain jika saja ternyata kamu dihadapkan dengan situasi yang tidak diinginkan. Akan tetapi, jauhkan pikiranmu dari poin no 5 ini ya!

Baca juga: Bisnis Modal Kecil Untung Besar Yang Bisa Kamu Lakukan Di Rumah

Memulai Bisnis tapi Terkendala Biaya?

Kendala saat akan memulai sebuah bisnis adalah tidak adanya modal yang dimiliki sehingga kita menjadi enggan untuk merealisasikan usaha atau bisnis tersebut. Padahal ada solusi tepat yang bisa menjadi pilihanmu yakni dengan mengajukan pinjaman online melalui TunaiKita. TunaiKita merupakan aplikasi pinjaman online yang memberikan banyak keuntungan untukmu, yaitu:

  • Plafon pinjaman mulai dari Rp500 ribu hingga Rp20 juta
  • Masa tenor hingga 6 bulan
  • Syarat pengajuan hanya butuh KTP, NPWP, dan nomor rekening bank lokal (BRI, BNI, BCA, Bank Mandiri, Bank Mega, Bank Permata, Bank Danamon)
  • Aplikasi mudah digunakan
  • Proses pencairan dana cepat
  • Dana bisa dipergunakan untuk keperluan apa saja

Dengan beragam kelebihan yang ditawarkan, pastinya kamu akan merasa diuntungkan. TunaiKita ini sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sehingga aman karena selalu diawasi, mulai dari proses pengajuan, pencairan dana, penagihan, hingga pembayaran. Tapi ingat, kamu harus tetap membayar tagihan secara tepat waktu agar skor kreditmu terus meningkat.

Nah, itu dia 5 hal yang harus kamu hindari jika ingin menjadi seorang pengusaha sukses. Memulai sesuatu memang dibutuhkan kesungguhan dan keberanian, Sobat. Jika tidak pernah dicoba, bagaimana kita bisa tahu hasil akhirnya?

Semoga membantu!