Faktor-Faktor Penyebab Kantong Kempes Tiap Bulannya. Apa Aja?

Mengatur keuangan memang harus dilakukan dengan sangat cermat. Apalagi kalau kamu punya banyak tagihan dan cicilan yang harus dipenuhi setiap bulannya, setiap pemasukan dan pengeluaran harus diperhatikan. Tapi kenapa ya kadang sudah berusaha hati-hati tapi gaji masih saja habis di tengah jalan? Nah, berikut faktor penyebab kantong kempes setiap bulannya.

Ketika sudah berkarier atau punya pekerjaan tetap, mengatur keuangan harus dilakukan dengan teliti dan cermat. Kebiasaan boros memang jadi penyebab utama pengeluaran lebih besar daripada pemasukan.

Untuk kamu yang baru bekerja tentu akan merasakan kejayaan saat menerima gaji pertama? Nah, ini penting untuk kamu menerapkan agar kebiasaan buruk dalam mengelola keuangan tidak terjadi. Memang, namanya baru pertama kali bekerja dan mendapatkan gaji pasti banyak sekali keinginan yang ingin dipenuhi. Misalkan membeli barang-barang bermerek, hang-out di tempat yang kekinian hingga belanja segala perintilan demi kepuasan tersendiri.

Lalu, apa sebenarnya penyebab kantong kempes setiap bulannya? Simak ulasan TunaiKita berikut ini yuk!

Faktor Penyebab Kantong Kempes Tiap Bulannya

1. Beli Barang yang Tidak Penting

Google Shopping gets product price tracking and other useful features (www.engadget.com)

Faktor penyebab kantong kempes yang pertama yaitu sering sekali membeli barang yang tidak kamu butuhkan. Ini sering terjadi bagi orang yang baru bekerja atau pertama kalinya menerima gaji. Melihat barang lucu langsung beli, padahal benda tersebut tidak kamu butuhkan sama sekali, ini merupakan kebiasaan buruk, Sobat!

Sikap konsumtif hingga impulsif ini memang sangat bahaya lho bagi kamu first jobber. Pasalnya saat kamu menerima gaji pertama, godaan memang selalu datang apalagi kalau sudah mampir ke pusat perbelanjaan. Melihat barang yang lucu saja sudah tergiur buat memilikinya alias beli. Padahal barang tersebut kamu gak perlu-perlu banget.

Baca juga: Tips Liburan Hemat Di Jakarta Untuk Kamu Yang Lagi Bokek

2. Perintilan Kecil

Begini Tips Mengakali ‘Nasib’ Uang Koin dari Luar Negeri (batamtoday.com)

Tahu nggak Sobat? Tanpa disadari, faktor kedua ini juga sering banget dialami oleh kebanyakan orang. Misalkan setiap harinya kamu membeli minuman kemasan botol, padahal bisa saja membawa botol minuman sendiri, agar jauh lebih hemat.

Kalau setiap harinya kamu membeli minuman kemasan botol, berapa banyak jumlah uang yang kamu keluarkan? Buat membayar parkir juga begitu, setiap harinya kamu mengeluarkan uang buat membayar tarif parkir. Jika kamu jumlahkan berapa banyak uang yang dikeluarkan buat membayar tarif parkir?

3. Beli Kopi Kenkinian

5 Coffee Shop yang Instagramable di Grand Indonesia (www.grand-indonesia.com)

Kopi kekinian sampai saat ini memang masih mendominasi salah satu tren bagi kaum milenial. Dikemas siap minum, minuman kopi kekinian ini memang terbilang sangat adiktif sekali.

Siapa yang sering membeli kopi kekinian dengan harga kisaran Rp18-20 ribu per gelas? Nah, kalau setiap harinya kamu membeli kopi kekinian, pengeluaran uang juga bakal terasa banyak nih. Untuk itu, coba kamu hilangkan kebiasaan buruk ini dengan membuat kopi sendiri di kantor atau di rumah? Setidaknya kamu bisa menghemat ratusan ribu rupiah per bulannya, lumayan banget kan?

4. Tidak Habis Mengikuti Tren

Your Friends Vs. Hers: Who Do You Hang Out With More? (www.theplunge.com)

Tren memang tidak ada habisnya, setiap bulannya akan muncul tren terbaru. Mengikuti tren memang boleh saja, tapi kalau kamu sudah berlomba-lomba biar kekinian sulit juga Sobat! Berapa banyak uang yang harus kamu keluarkan buat membeli sepatu, baju, tas hingga gadget edisi terbaru?

Kalau setiap bulannya kamu mengikuti tren, yang ada keuanganmu bakal cepat habis setiap bulannya. Tidak mungkin kan gaji sebulan habis hanya buat mengikuti tren? Nah, ada baiknya kamu pintar-pintar dalam mix and match pakaian agar selalu terlihat stylish juga. Mau keren tidak harus selalu mengikuti tren kok.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Pisahkan Tabungan Pribadi Dan Bisnis

5. Tidak Menabung di Awal Bulan

Tips Keuangan: Kapan Waktu Ideal untuk Menabung? (kumparan.com)

Menabung sebaiknya dilakukan di awal bulan, Sobat. Jadi ketika kamu baru terima gaji, segera sisihkan sebagian untuk ditabung atau diinvestasikan. Jangan menabung dengan sisa uang yang kamu punya. Kadang untuk disiplin menabung, kita memang harus memaksakan diri untuk disiplin setiap awal bulannya. Sehingga nanti pengeluaran selanjutnya bisa ditekan sedemikian rupa.

Karena terkadang kalau sudah pegang uang, rasanya tidak sabar untuk bisa segera membelanjakannya, bukan? Jadi kalau dari awal sudah ada sebagian uang yang dialokasikan untuk tabungan atau investasi, kita jadi lebih mudah mengatur pengeluaran yang selanjutnya.

6. Sering Belanja Online

5 Great Sites For Online Shopping (www.moneycrashers.com)

Nah, ini salah satu yang paling banyak dialami oleh kamu yang baru dapat pekerjaan. Saking senangnya menerima gaji hasil kerja sendiri, suka banget mampir ke e-commerce atau belanja online. 

Belanja online saat ini menjadi salah satu cara orang belanja dengan mudah, hanya tinggal transfer total belanjaan, barang akan sampai dikemudian hari. Belanja online ini merupakan salah satu kebiasaan buruk yang mesti kamu hindarkan nih, Sobat. Coba deh kamu perhatikan lemari baju atau barang-barang yang menumpuk di rumah. Jika sekiranya masih layak pakai buat apa kamu belanja berlebihan kan.

7. Tidak Tahan Melihat Diskon

Deretan Promo Menarik Desember 2019, Mulai Dunkin Donuts, JCO, hingga Diskon 50 Persen Burger King (makassar.tribunnews.com)

Kalau penyebab kantong kempes yang satu ini sih hampir setiap orang nggak bisa tahan banget, ya. Kalau sudah ada diskon, susah untuk menahan diri. Apalagi kalau barang yang didiskon itu adalah barang yang sudah lama jadi incaran kita, jadinya nggak bakal pikir panjang untuk langsung menikmati diskon itu. Padahal nggak semua barang diskon itu masuk dalam hitungan murah. Belum tentu juga kamu butuh banget barang itu. Yuk lebih bijak lagi dalam membelanjakan uangmu, Sobat!

Baca juga: Susah Untuk Hidup Hemat? Ubah Pola Pikir Hemat Dengan Cara Ini Yuk!

Lebih Bijak dan Hemat

Nah, Sobat yuk lebih bijak dan hemat dalam mengelola keuangan setiap bulannya. Buatlah catatan pengeluaran dan pemasukan rutin setiap bulannya. Jangan lupa juga tagihan dan cicilan yang harus kamu penuhi. Semoga informasi yang TimiKimi bermanfaat untuk Sobat!