Belakangan ini podcast semakin digemari generasi millennials untuk mengisi waktu. Podcast bisa menjadi alternatif untuk kamu yang bosan mendengarkan musik. Berikut ini TunaiKita punya rekomendasi podcast Indonesia yang bisa bikin hari kamu menyenangkan, simak yuk!

Untuk kamu yang masih awam dengan podcast. Podcast merupakan rekaman audio yang dapat didengarkan oleh khalayak ramai. Hal ini sebenarnya berbeda dengan radio yang kebanyakan kontennya merupakan siaran langsung. Podcast sebenarnya bukan hal yang baru. Beberapa jaringan media di luar negeri seperti BBC, sudah merekam dan menyebarluaskan podcast bertahun-tahun lalu. Tapi di Indonesia, fenomena ini baru meledak beberapa bulan terakhir. 

Banyak yang bilang bahwa podcast serupa dengan radio karena sama-sama berupa audio, padahal podcast berbeda dengan radio lho, Sobat. Ada ribuan kategori podcast yang bisa kamu dengarkan, mulai dari podcast mengenai mengatur keuangan, lifestyle, cerita lucu, bahkan hingga cerita horor. 

Untuk akses podcast sendiri, sekarang sudah banyak platform yang menyediakan konten podcast. Spotify, Apple Podcast, Google podcast, Anchor, Soundcloud dan masih banyak lagi yang menyediakan konten podcast. Untuk layanan streaming music terpopuler saat ini, spotify misalnya, podcast menjadi salah satu daya tarik penggunanya walaupun di spotify konten podcast ini mungkin baru ada sekitar satu tahun ini. Sebelum spotify, banyak podcaster (panggilan untuk pembuat podcast) lebih banyak populer di Soundcloud.

Podcast Indonesia 2019 yang Bisa Bikin Hari Kamu Menyenangkan

24 Of The Best Literary & Book Podcasts For Book Lovers (www.penguin.co.uk)

Tidak hanya beralih ke hiburan yang bersifat visual, ternyata beberapa tahun belakangan para milenial juga menyukai siaran audio internet yang biasa disebut podcast. Istilah tersebut pertama kali digunakan oleh pengguna iPod. Podcast adalah gabungan dari iPod dan broadcasting. 

Karena banyaknya masyarakat yang sudah terbiasa dengan podcast, kemudian munculah beberapa podcaster Indonesia yang menyediakan konten-konten menarik untuk didengar. Siapa sajakah? Berikut rekomendasi podcast Indonesia yang bisa kamu dengarkan, diantaranya:

1. Sudut Pandang

soundcloud.com/sudutpandang

Podcast yang disajikan oleh Aria Notharia, Sudut Pandang membicarakan tentang kehidupan anak-anak millennial sekarang ini. Aria juga beberapa kali berkolaborasi dengan podcaster lain, seperti Mantjah, host dari podcast Petjah. Obrolan-obrolan seru dan santai khas anak muda. Terkadang, ia membuat monolog diiringi backsound sendu berisi pesan-pesan kehidupan yang mampu memainkan emosi dan memotivasi para pendengar. 

Dalam podcastnya, Aria menyajikan obrolan khas ala anak-anak muda, namun alih-alih mendengarkan obrolan ngalur ngidul, tanpa sadar kita dibawa ke sebuah perbincangan yang terstruktur dan jelas arahnya. Pola pikir yang runut itu tergambar dari bagaimana dia menjelaskan podcastnya, Sudut Pandang merupakan hasil dari pemrosesan informasi terkait dinamika manusia beserta masalahnya yang pernah terjadi di masa lalu atau yang mungkin akan datang dimasa depan. Podcast ini biasanya diawali dengan membahas fenomena yang terjadi disekitar kita sampai di tengah proses bermonolog dan berdialog ditemukan sudut pandang baru dalam melihat sebuah fenomena yang menjadi topik utama. 

Baca juga: Budayakan Hidup Minimalis. Millennials Wajib Tahu 7 Keuntungannya

2. Subjective

soundcloud.com/iqbalhariadi

Iqbal Hariadi memulai Subjective sejak tahun 2015. Selain menjadi seorang podcaster, Iqbal juga seorang penulis blog yang juga aktif di Tumblr. Subjective pun sudah mencapai 77 episode pada bulan Maret 2019. 

Podcast subjective merupakan podcast yang berisi pendapat-pendapat dari Iqbal Hariadi. Dalam podcast ini, Iqbal Hariadi ini membahas cukup banyak topik yang sangat sesuai dengan para millennials masa kini. Topik-topik yang dibahas pun banyak berkaitan dengan perkembangan hidup zaman sekarang yang serba digital dan juga pekerjaan bagi generasi muda yang sangat lekat dengan media social. Tidak heran, kebanyakan pendengar podcast Iqbal millennials karena sangat berkaitan dengan kehidupan masa kini. 

3. Makna Talks

Keenan Pearce & Ernanda Putra: Antara Bisnis, Traveling Dan Penampilan yang Stylish (journal.sociolla.com)

Podcast Makna Talks ini lebih fokus pada konten siaran berupa interview, Iyas Lawrence sebagai host menghadirkan obrolan-obrolan seru penuh makna. Makna Talks juga kerap mengundang para bintang tamu yang inspiratif. mewawancara orang-orang yang ahli berkemelut di bidangnya masing-masing. Membongkar pola pikir para pembicara, membuat para pendengarnya jadi menambah pola pikir  jadi semakin luas. 

Podcast yang produseri oleh Keenan Pearce dan Ernanda Putra yang merupakan pendiri dari Makna Creative. menghadirkan obrolan-obrolan seru penuh makna. Podcast yang satu ini cocok banget buat kalian yang mau belajar bahasa Inggris karena penggunaan bahasa Inggrisnya yang easy listening banget.  

4. Podcast Awal Minggu

youtube.com

Sesuai namanya, podcast ini hadir tiap awal minggu. Dipandu oleh Adriano Qalbi seorang stand up comedian Tanah Air, podcast Awal Minggu berisikan kehidupan sehari-hari Adriano selama seminggu. Obrolan-obrolan yang seru dan candaan-candaan yang dilontarkan Adriano Qalbi tentunya turut menghibur hari-harimu. 

Baca juga: Ingin Jadi Vlogger? Mulai Aja Dulu!

5. So Mad About Life

podcasts.apple.com

Podcast yang satu ini membicarakan seputar berbagai realitas hidup. Masalah-masalah yang kerap terjadi dalam hidup hingga membuat kita muak, semua dibahas di sini. Kemudian, pendengar akan disuguhkan “pencerahan” lewat dialog-dialog inspiratif yang endingnya akan mengubah perspektif tentang hidup. Terkadang masalah-masalah tersebut membuat kita muak dengan hidup kita. Dipandu oleh Alvi & Ardhi, So Mad About Life akan memberikan konten yang menginspirasi dan tentunya akan mengubah perspektif kamu tentang hidup.

6. Rapot

instagram/_rapot

Lagi mumet dan lagi nggak pengen dengar podcast yang serius dan topiknya berat? Rapot siap mengocok perutmu, Sobat! Podcast yang dibawakan oleh Reza Chandika, Ankatama Ruyatna, Radhini Aprilya, dan Natasha Abigail ini cocok banget kamu dengar di perjalanan, apalagi jika sedang menghadapi kemacetan yang bikin pusing tujuh keliling. Topik-topik dalam episode podcast yang hadir di Spotify ini juga ringan dan sangat relate dengan kehidupan sehari-hari.

Sebut saja episode mengenai campur aduk kehidupan saat menggarap skripsi, flashback ke zaman Akademi Fantasi Indosiar dan Indonesian Idol yang booming di awal tahun 2000-an, dan cerita mengenai silaturahmi saat lebaran. Dengan celetukan dan gaya bercerita khasnya, Reza, Anka, Radhini, dan Abigail nggak pernah gagal bikin kamu ngakak!

7. Do You See What I See

youtube.com

Podcast yang satu ini berbeda dengan podcast lainnya yang menyajikan konten mengenai realitas hidup, Do You See What I see merupakan podcast horor yang menyajikan cerita-cerita misteri berdasarkan pengalaman orang-orang yang mengirimkan cerita horornya. Salah satu pengalaman mistis yang sempat booming yaitu cerita Mizter mengenai rumah eyangnya yang berada di Yogyakarta. Bahkan video cerita horor yang diunggah oleh Raditya Dika tersebut sempat menjadi trending topik di kanal Youtube.

Podcast milik sahabat Raditya Dika tersebut merupakan kumpulan cerita horor yang dirangkum dalam beberapa episode. Mizter, pemilik podcast juga mengkurasi beberapa cerita pengalaman mistis yang dikirimkan dari berbagai macam sumber. Untuk mengirimkan cerita horor, kamu dapat mengirimkan melalui direct message Instagram Mizter yaitu @mizter.popo. 

Baca juga: 10 YouTuber Indonesia Berpenghasilan Fantastis, Siapa Saja Kah Mereka?

Yuk, Dengarkan Podcast Seru Sekarang. Yang Mana Favoritmu?

Nah, Itulah tujuh rekomendasi podcast keren yang siap menemani perjalanan dan waktu luangmu. Yuk, mulai dengarkan konten-konten podcast yang seru dan ampuh menghilangkan rasa bosan! Nggak ada salahnya lho mencoba sesuatu yang baru!