7 Kebutuhan Utama yang Harus Diutamakan Setelah Gajian

Memiliki gaji yang tidak pernah cukup untuk memenuhi kebutuhan selama sebulan merupakan hal yang banyak dialami oleh para karyawan kantoran, dan yang paling menyedihkan adalah saat di tengah bulan mereka sudah kehabisan uang. Nah, agar hal itu tidak terjadi berikut ini 7 kebutuhan utama yang harus diutamakan setelah gajian, apa saja? Berikut ulasannya!

Setiap orang pasti menunggu waktu gajian tiba. Pasalnya uang gajian bisa digunakan untuk berbagai macam hal. Misalnya saja pergi ke mall hanya untuk sekedar belanja, membeli segala sesuatu sesuai dengan keinginan, serta hanya sekedar untuk mencukupi kebutuhan hidup. 

Agar semua dapat terpenuhi, mulailah mengatur dan mengubah pola hidup yang sekarang dengan pola hidup hemat dan terencana di dalam mengelola keuangan. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mencatat dan merinci segala macam bentuk pengeluaran yang kita lakukan setiap bulannya.

Hindari atau hilangkan pos-pos pengeluaran yang sifatnya tidak wajib dan bukan merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi, seperti: membeli gadget yang baru, mengeluarkan uang untuk berpesta bersama teman-teman, dan pengeluaran lainnya. Banyak hal yang yang dapat dilakukan untuk mendahulukan kebutuhan utama setelah gajian, simak ulasannya berikut ini yuk!

Hal-Hal yang Harus Diutamakan Setelah Gajian

1. Menabung

Menabung Bertahun-tahun tapi Tak Ada Hasil? Mungkin Ini Penyebabnya (money.kompas.com)

Setelah menerima gaji di awal bulan, biasanya orang-orang akan langsung membeli berbagai macam hal yang diinginkannya. Padahal jika ingin berhemat, maka dapat langsung menyisihkan sejumlah uang gajian untuk ditabung. Dimana sisihkanlah pendapatan untuk disimpan, berinvestasi, maupun untuk dana darurat.

Konsep menabung di sini dapat dilakukan dengan cara membagi ke beberapa rekening, baik itu rekening tabungan, maupun rekening untuk biaya pengeluaran. Jadi, sebelum pergi ke mall atau tempat perbelanjaan lainnya, maka pindahkan sejumlah uang ke rekening pengeluaran dengan budget yang sudah ditentukan sebelumnya.

Sehingga dengan manajemen keuangan seperti ini, tidak akan tiba-tiba membeli barang-barang yang tidak diperlukan.

Baca juga: 6 Hal Boros Yang Selalu Dilakukan Millennials Setelah Gajian

2. Buat Skala Prioritas

Dengan membuat skala prioritas, segala sesuatu yang berhubungan dengan biaya pengeluaran menjadi lebih efektif dan efisien. Pasalnya segala macam biaya pengeluaran hanya dialokasikan sesuai dengan kebutuhan bukan hanya semata keinginan untuk belanja barang-barang yang bersifat konsumtif. 

Jika barang tersebut sangat dibutuhkan, maka tidak salah untuk membelinya saat ini. Namun, apabila belum begitu diperlukan, maka tundalah untuk membelinya. Dengan adanya manajemen keuangan skala prioritas ini, sehingga mampu mengontrol dan memonitor pengeluaran setiap bulannya.

3. Buat Catatan Pengeluaran

7 surprising benefits of taking a career in finance (www.alphagamma.eu)

Sobat merasa pusing setiap kali memikirkan simpanan di rekening semakin menipis? Beli apa saja ya barusan? Nah! disini saatnya kamu sudah bisa memulai untuk mencatat sejumlah uang yang dikeluarkan setiap harinya, sekecil apapun itu. Dengan cara ini, terbukti dapat membuatmu lebih hati-hati saat menggunakan uang di kemudian hari dan dapat menghindari membeli barang yang tidak diperlukan.

Catat setiap pengeluaran baik melalui smartphone maupun dengan catatan saku, berilah setiap keterangan untuk apa uang tersebut digunakan dan beri keterangan waktu. Jika perlu, sisipkan struk atau receipt pembelian agar lebih jelas. Dengan cara seperti ini manajemen keuangan akan terasa lebih mudah.

4. Buat Rekening Khusus

Kamu bisa membuat dua macam rekening dengan Bank berbeda untuk membantumu mengelola uang bulanan. Kamu bisa menggunakan rekening dengan biaya administrasi bulanan yang rendah serta tidak memiliki fasilitas kartu ATM.

Jangan tergoda mengutak-atiknya untuk kebutuhan sehari-hari, sebab rekening ini hanya digunakan khusus untuk menabung. Tanpa potongan bulanan yang mencekik uangmu bisa bertahan dalam nominal aslinya dalam jangka waktu lama. Sedang tanpa fasilitas kartu ATM, akan membantumu untuk tidak sewaktu-waktu menarik uang tabungan.

Baca juga: Ingin Menjadi Pengusaha Sukses? Hindari Memikirkan Hal Ini

5. Hidup Sederhana

Perlukah Melakukan Perencanaan Keuangan Sebelum Menikah? (merahputih.com)

Banyak orang saat ini terjebak dalam gaya hidup mewah hanya untuk mendapatkan pengakuan dari orang lain. Ingat ya Sobat, jangan membeli berbagai macam barang hanya agar dapat terkesan mewah di depan teman-temanmu.

Gaya hidup sederhana sendiri merupakan ajakan untuk serba mengurangi segala hal yang berlebihan dalam hidup. Tentu, setiap orang memiliki sesuatu yang tidak terlalu mereka butuhkan, kamu pun juga begitu kan? Ketika kamu menerapkan hidup sederhana, maka kamu harus mengedepankan mana yang harus dibutuhkan dan mana yang tidak. Seperti membeli barang yang belum tentu kamu benar-benar membutuhkannya, membeli hanya karena gengsi semata. Apalagi jika membelinya dengan cara berhutang, itu hanya akan semakin menambah berat tagihan bulananmu saja. Belajarlah untuk dapat hidup sederhana dan membeli berbagai macam hal sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

6. Beramal

Khasiat Beramal yang Bikin Kehidupan Jauh Lebih Baik (belitung.tribunnews.com)

Menyisihkan sebagian penghasilan untuk beramal sangat diwajibkan untuk kamu para pekerja. Sebab, dengan beramal pintu rezeki akan terbuka lebar. Beramal dapat membuat kita bahagia karena akan memberikan kepuasan dalam diri. Dengan beramal, itu berarti kita membantu orang lain yang lebih memerlukan. Ini juga tidak akan merugikan kita, karena nantinya kita akan mendapatkan balasan lain yang lebih dari apa yang telah diberikan.

Tentunya beramal adalah suatu tindakan kebaikan, dimana ini sangat penting di dalam hidup. Terbiasa beramal akan membuat kita lebih terasah dalam sikap baik atau positif di dalam diri kita. Terbiasa melakukan kebaikan untuk orang lain akan menjadikan kita memiliki kualitas kemanusiaan yang tinggi pula, selanjutnya menjadikan kita lebih bahagia.

7. Asuransi 

Complete Guide: How Much Medical Insurance Coverage Do I Need? (loanstreet.com.my)

Asuransi adalah kunci agar kamu dapat fokus pada hal yang terpenting di dalam kehidupan. Karena asuransi akan memastikan keamanan finansialmu dan keluarga ketika sesuatu yang tak diinginkan terjadi. Ketika beban keuangan yang besar seperti biaya rumah sakit ataupun tagihan pengobatan melonjak, asuransi membantu menanggungnya, sehingga kamu tetap bisa fokus menggapai impian.

Untuk memilih jenis asuransi apa yang harus kamu miliki, kamu harus mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis asuransi apa yang cocok dengan kebutuhan dan dana yang dimiliki. Untuk menentukan mana yang paling cocok, kamu harus bisa mengatur keuangan dengan baik dan memastikan bahwa kamu dapat menyisihkan sebagian dari pendapatan untuk digunakan ketika hal yang tidak diinginkan terjadi atau ketika sakit. Itulah mengapa asuransi menjadi salah satu hal yang dilakukan ketika gajian tiba.

Baca juga: 8 Kesalahan Finansial Ini Tidak Dilakukan Oleh Si Sukses

Bijak dalam Mengatur Gaji Bulanan

Gaji kecil atau besar tidak akan pernah cukup bila kita tidak bijak dalam menggunakannya. Ketika kita merasa semua barang-barang demikian mahal dan sulit untuk didapatkan, maka setidaknya kita harus punya pemikiran juga bagaimana caranya mencukupkan gaji kita untuk memenuhi segala macam kebutuhan tersebut. Bila kita tidak pernah mulai mengubah sistem perencanaan keuangan kita dengan segera, maka dapat dipastikan bila dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi kita akan terjerat hutang.

Semoga informasi yang TimiKimi berikan dapat bermanfaat dan membantu Sobat dalam mengatur keadaan keuanganmu. Selamat mencoba!