Semua orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Memiliki anak tidak hanya tentang biaya ekstra yang harus dipersiapkan untuk kebutuhan dan lain-lainnya. Namun, kamu juga diharuskan untuk memperhatikan tumbuh kembang anak. Untuk itu, simak hal penting yang harus disiapkan untuk anak sejak dini di bawah ini yuk!

Memiliki buah hati merupakan suatu anugerah dari Tuhan yang sangat berarti bagi setiap orang tua. Memiliki keluarga yang sehat, harmonis dan bahagia menjadi dambaan setiap keluarga pastinya. Untuk kamu para orang tua yang baru dikaruniai anak, memiliki anak sangat penting untuk mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan, mulai dari pakaian, makanan, susu, popok, dan sebagainya. 

Sebagai orang tua kita harus menjadi teladan yang baik bagi anak-anak. Namun, selain mempersiapkan segala kebutuhan pokok, kamu sebagai orang tua juga harus mempersiapkan kebutuhan lainnya. Nah, kali ini TunaiKita akan membahas mengenai beberapa hal yang harus disiapkan untuk masa depan si kecil. Apa saja? Berikut ulasannya.

Hal Penting yang Harus Disiapkan untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

Kalau membicarakan kebutuhan keluarga, tentu ada beberapa hal yang harus selalu dijadikan prioritas utama. Nah, berikut ini dia 7 hal terbaik untuk keluarga yang harus kamu siapkan untuk masa depan si kecil. 

1. Gizi Seimbang

Pentingnya Gizi Seimbang untuk Tumbuh Kembang Anak (lifestyle.sindonews.com)

Kesehatan tentu erat kaitannya dengan kebutuhan gizi keluarga. Kekurangan atau kelebihan asupan gizi bisa mengakibatkan si kecil mudah sakit. Karena itu, pastikan kamu selalu menyajikan makan siang, malam dan terutama pagi dengan komposisi gizi yang seimbang untuk si kecil. 

Makanan dan minuman dengan gizi yang seimbang berperan penting untuk tumbuh kembang anak. Gizi seimbang dibutuhkan tubuh dan diserap dengan baik oleh sistem pencernaan. Gizi yang seimbang juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Karena gizi seimbang dapat diserap seluruhnya dengan sempurna dan mudah dicerna oleh saluran pencernaan anak. 

Kamu bisa menyiapkan sarapan pagi yang praktis seperti sereal, pancake, atau roti panggang. panggang dilengkapi selai berbagai rasa. Jangan lupa juga berikan susu untuk si kecil, karena susu berperan penting untuk anak yang mengandung kalsium dan zat besi tinggi untuk tubuh.

Baca juga: 7 Buah Ini Miliki Manfaat Luar Biasa Untuk Kesehatan Tubuh

2. Kesehatan Tubuh

Tips Kesehatan Tubuh Anak (lifestyle.sindonews.com)

Sobat, kesehatan adalah kunci utama kehidupan, karena tanpa tubuh yang sehat maka waktu bersama keluarga pun semakin berkurang. Oleh karena itu, kamu harus memastikan bahwa keluarga selalu fit dan tidak mudah terkena penyakit. Lalu, bagaimana caranya? Kamu bisa mengajak si kecil untuk berolahraga secara teratur sejak dini. Agar tidak bosan, cobalah berbagai olahraga seru yang bisa dilakukan bersama. Misalnya seperti bersepeda, badminton, atau sekadar jogging di taman sekitar rumah. 

Selain itu, kamu juga harus memastikan seluruh keluarga minum air putih yang cukup dan mengkonsumsi makanan bergizi seperti buah dan sayuran. Jika si kecil rewel tidak suka makan buah, kamu bisa membuat jus di rumah agar rasanya lebih segar dan anak lebih menarik untuk mencobanya. 

3. Pendidikan

Rencanakan Pendidikan Anak Dengan Trik Berikut Ini (www.educenter.id)

Hal penting yang harus disiapkan selanjutnya yaitu pendidikan untuk si kecil. Itulah mengapa setiap anak harus dan wajib mendapatkan pendidikan yang baik sejak dini baik itu pendidikan formal maupun non formal. Pada usia dini, merupakan usia dimana anak sedang menyerap informasi sebanyak-banyaknya, usia dimana anak mulai tumbuh rasa ingin tahunya. Dalam usia dini, anak mempunyai kemampuan yang perlu diasah. Dengan mengetahui kemampuannya anak dapat melatihnya hingga tumbuh besar dengan keahlian-keahliannya.

Namun, tidak sedikit orang tua yang menganggap bahwa pendidikan anak usia dini tidak begitu penting. Dengan alasan bahwa pendidikan usia dini tidak begitu wajib. Sobat, tahu nggak? Kalau pembentukan karakter anak dimulai sejak usia nol hingga 3 tahun. Anak-anak berhak mendapat pendidikan sejak dini yang nyaman dan seorang guru yang dapat membimbing mereka mencari kemampuan-kemampuannya. 

Pendidikan anak usia dini harus diberikan orang tua karena merupakan persiapan kematangan tumbuh kembang anak dalam menghadapi masa yang akan datang. Kamu tidak perlu khawatir, sekarang ini banyak sekolah taman kanak-kanak, PAUD yang memberikan pendidikan yang baik dan berkualitas demi mengembangkan kemampuan dan bakat dalam diri anak . Oleh karena itu, diperlukan usaha orangtua dalam mengajar dan mendidik anak terutama dalam membaca dan menulis tidak penting berapa usia anak yang terpenting usaha orang tua memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak. 

4. Komunikasi yang Terbuka

4 Langkah Agar Komunikasi Orangtua dengan Anak Lebih Efektif (www.liputan6.com)

Mempunyai keluarga yang harmonis merupakan salah satu hal terbaik untuk keluarga yang dapat kamu lakukan. Untuk mewujudkannya, kamu harus bisa menjaga kelancaran komunikasi antara setiap anggota keluarga.

Biasakanlah untuk berpikiran terbuka dan sering mengobrol dengan keluarga dan anak-anak. Walaupun berperan sebagai seorang orang tua, bukan berarti kamu tidak bisa menjadi sahabat. Keluarga yang lebih sering berkomunikasi akan menjadi lebih harmonis dan kuat di masa depan. 

Baca juga: Budayakan Hidup Minimalis. Millennials Wajib Tahu 7 Keuntungannya

5. Sisihkan Waktu Khusus untuk Anak-Anak

Nikmati Quality Time Bersama Keluarga dengan 5 Kegiatan Ini (lifestyle.okezone.com)

Hal terpenting yang harus kamu siapkan berikutnya dalam memperhatikan tumbuh kembang anak yaitu waktu luang untuk si Kecil. Waktu merupakan hal terbaik untuk keluarga yang bisa kamu berikan. Walau sedang sibuk-sibuknya bekerja, usahakan untuk tetap luangkan waktu untuk berkumpul bersama keluarga khususnya anak-anak. Quality time bisa menciptakan ikatan yang kuat antara orang tua dan anak dan membentuk karakternya di masa depan, lho!

Banyak cara untuk mengisi quality time dengan seru. Kamu bisa bermain games, misalnya bermain board games. Atau mengajak si kecil masak bersama membuat donat dengan topping kesukaannya. Atau bisa juga dengan menonton film animasi favorit si kecil! Dengan begitu keluarga akan lebih harmonis dan bahagia. 

6. Liburan

Ini Tips Nikmati Liburan Keluarga Saat Libur Lebaran (www.money.id)

Dalam setahun berapa kali kamu berlibur bersama keluarga? Sobat, setidaknya setahun sekali liburan bersama keluarga menjadi agenda wajib untuk dijalani. Selain untuk bersenang-senang, ternyata ada banyak hal penting di balik liburan bersama keluarga. Selain untuk refreshing, liburan juga merupakan salah satu bentuk quality time yang paling menyenangkan dan tumbuh kembang anak menjadi semakin baik! Kamu bisa menjelajah tempat atau negara baru dengan anak-anak tersayang, pasti akan sangat seru! Tidak perlu pergi ke tempat yang terlalu jauh, cukup coba saja staycation seru atau ikut berbagai tur lokal yang menarik untuk memberikan pengalaman keluarga yang tidak terlupakan.

7. Hunian yang Nyaman

13 Desain Rumah Asri Super Nyaman, Dijamin Bikin Betah! (www.dekoruma.com)

Agar tumbuh kembang anak semakin baik tentunya perlu dibarengi dengan hunian yang nyaman untuk Si Kecil. Rumah merupakan tempat nyaman yang bisa berkumpul bersama keluarga untuk sekedar bermain atau menghabiskan waktu ketika liburan. Karena itu, jangan biarkan suasana rumah menjadi flat dan membosankan. Untuk menyiasatinya kamu bisa menyulap rumah menjadi tempat yang nyaman, rapi, dan sekaligus indah dilihat. Kamu bisa memulai dengan menghias dinding rumah dengan wallpaper yang lucu sehingga anak menyukainya dan memberikan kesan menarik dalam ruangan.

Untuk kamar si kecil, jangan lupa melengkapinya dengan berbagai mainan supaya ia tidak bosan. Suasana rumah yang nyaman dan menyenangkan sangatlah penting untuk psikologis orang tua dan si kecil, lho! 

Baca juga: Sudahkah Kamu Membahagiakan Diri Sendiri?

Berikan yang Terbaik untuk Tumbuh Kembang Anak

Nah Sobat, yuk berikan perhatian dan kebutuhan yang terbaik untuk si kecil. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan asupan mereka agar tahapan tumbuh kembang anak berjalan dengan baik. Semoga informasi yang TimiKimi berikan dapat membantu dan bermanfaat.