Musim hujan telah tiba nih Sobat, itu artinya kita harus lebih ekstra menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari segala macam penyakit. Nah, agar kesehatan tubuh tetap terjaga berikut 6 buah yang baik dikonsumsi saat musim hujan. Simak ulasannya berikut ini yuk!

Musim hujan membuat tubuh kita menjadi lebih gampang kedinginan sehingga kondisi tubuh rentang terserang penyakit. Untuk mencegahnya, tentu kamu harus menyantap makanan sehat dengan gizi seimbang dan rutin melakukan aktivitas fisik. Dalam menjaga kesehatan tubuh, kamu dapat memperkuat sistem ketahanan tubuh kamu melalui makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Salah satu makanan sehat yang harus kamu konsumsi ketika musim hujan adalah buah-buahan yang mengandung nutrisi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Apa saja? Nah, Berikut 6 buah yang baik dikonsumsi saat musim hujan untuk menjaga kesehatan tubuh, di antaranya:

6 Buah yang Baik Dikonsumsi Saat Musim Hujan

1. Apel

Rasakan 6 Manfaat Sehat Saat Rutin Konsumsi Apel (www.liputan6.com)

Buah yang baik dikonsumsi saat musim hujan untuk menjaga kesehatan tubuh yang pertama yaitu apel. Apel merupakan salah satu jenis buah-buahan yang sangat populer di dunia. Buah apel pada awalnya berasal dari Asia Tengah kini telah banyak dibudidayakan oleh berbagai negara dan telah menjadi salah satu makanan sehat bagi hampir semua penduduk di dunia. Buah Apel yang biasanya dikonsumsi langsung ataupun dijadikan Jus minuman ini mengandung Serat makanan (fiber), Vitamin C dan berbagai jenis Antioksidan yang tinggi.

Buah apel cocok untuk dikonsumsi saat musim hujan karena mengandung antioksidan yang disebut dengan Quercetin. Penelitian terbaru menemukan bahwa Quercetin dapat membantu meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, terutama saat kita mengalami stres. Selain itu, serat larut yang terdapat pada buah apel akan mengikat lemak di usus sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol.

Berat Badan yang berlebihan juga merupakan salah satu penyebab timbulnya berbagai masalah kesehatan seperti penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2 dan kesulitan tidur. Untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, umumnya dokter akan menyarankan diet yang kaya serat. Apel merupakan salah satu makanan yang kaya serat dengan jumlah kalori yang relatif rendah.

Baca juga: 6 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Menjadi Vegetarian

2. Pisang


Manfaat Pisang Jauh Lebih Manis dari Rasanya
(lifestyle.kompas.com)

Buah Pisang yang kaya akan serat, Vitamin B6, Vitamin C, Potassium (Kalium) banyak memberikan manfaat bagi orang yang mengkonsumsinya. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh kita. Sama seperti apel, pisang juga baik untuk proses pencernaan. Buah ini sangat cocok dimakan saat musim hujan, karena kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk menjaga kesehatan kamu.

3. Peach

Save the date for Linvilla Orchards’ peach festival in August (www.phillyvoice.com)

Mengkonsumsi buah persik atau peach dapat membantu membersihkan racun-racun di usus, ginjal, perut, dan hati. Buah peach memiliki kandungan serat dan potasium yang dapat mendorong zat pembuangan beracun dari ususmu. Selain itu, kandungan potasium dapat mengurangi gangguan-gangguan yang berhubungan dengan ginjal dan mengurangi risiko terkena usus buntu. Buah peach ini akan membuat pencernaanmu lancar dan sehat.

Buah yang berasal dari China ini juga sudah populer di Indonesia. Selain itu buah peach mengandung zat, mineral, dan vitamin yang berguna bagi kesehatan tubuh. Seperti Vitamin A, Vitamin C, Vitamin K, zat besi, potasium, kalsium, fluoride, dan juga beta karoten. Sehingga sangat baik dikonsumsi terutama dikala musim hujan.

4. Jeruk

Mengonsumsi Jeruk Bagus untuk Kesehatan Mata, Ini Alasannya (liputan6.com)

Sobat, mungkin ada yang suka mengkonsumsi jeruk. Jeruk disebut berasal dari sekitar pegunungan Himalaya, wilayah Yunnan di Tiongok, dan Myanmar. Namun saat ini jeruk bisa kita temukan di banyak tempat di seluruh dunia. Jeruk terkenal dengan kandungan vitamin C di dalamnya.

Sobat tahu nggak? Dalam 100 gram buah jeruk, terdapat kandungan karbohidrat sebanyak 11,8 gram, lho. Kandungan yang paling banyak kita dapatkan dari buah jeruk adalah karbohidrat dan air. Karbohidrat ini ada dalam bentuk gula sederhana seperti glukosa, fruktosa dan sukrosa. Kandungan gula sederhana ini juga membuat jeruk jadi terasa manis.

Nah, salah satu alasan lainnya yang membuat jeruk terkenal yaitu kandungan vitamin C yang ada pada jeruk! Jeruk merupakan sumber vitamin C yang baik. Bahkan satu buah jeruk yang besar bisa memenuhi kebutuhan vitamin C harian kita, lo. Namun tidak hanya vitamin C saja, teman-teman. Ada thiamin atau dikenal dengan sebutan vitamin B1. Kemudian ada juga asam folat atau vitamin B9. Mineral lainnya ada potassoum. Potassium ini berguna untuk menurunkan tekanan darah pada orang yang memiliki tekanan darah tinggi. Karena kandungan mineral potassium ini baik untuk kesehatan organ jantung dan peredaran darah.

Baca juga: Ini Lho Akibatnya Kalau Kamu Nggak Perhatian Sama Asupan Makanan

5. Semangka

Semangka Merah VS Semangka Kuning, Mana Lebih Unggul? (www.timesindonesia.co.id)

Buah semangka sangat baik dikonsumsi saat musim hujan karena mengandung vitamin C sebanyak 21% dari kebutuhan tubuh, vitamin A sebanyak 18% dari kebutuhan tubuh, kalium sebanyak 5% dari kebutuhan tubuh, magnesium sebanyak 4% dari kebutuhan tubuh, dan vitamin B1, B5 dan B6 sebanyak 3% dari kebutuhan tubuh.

Selain itu, buah semangka juga tinggi antioksidan penting seperti beta-karoten dan likopen, serta citrulline dan asam amino yang sama pentingnya untuk kesehatan tubuh. Serta mengandung likopen di dalamnya. Likopen merupakan antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Menurut Universitas Purdue, buah semangka mengandung lycopene tinggi yang efektif melindungi sel jantung dari kerusakan dan menurukan risiko penyakit jantung.

Selain itu, vitamin A yang terdapat pada buah semangka ternyata sangat baik untuk kesehatan rambut dan kulitmu agar tetap lembab. Serta membantu mendorong pertumbuhan sel kolagen dan elastin yang sehat dan baik untuk untuk kulit wajah.

6. Kiwi

Dikenal dari Selandia Baru, Buah Kiwi Sebenarnya Berasal dari Negara Lain, lo (bobo.grid.id)

Rasa kiwi yang manis dan segar menjadikan buah ini populer dijadikan jus dan salad buah. Manfaat buah kiwi ternyata tidak sekadar pemanis sajian, tapi juga baik untuk menjaga kesehatan sekaligus mencegah sakit.

Buah kiwi dapat dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman. Rasanya yang segar membuat kiwi dapat dengan mudah dipadukan dengan aneka santapan sehat lain, misalnya dijadikan bagian dari salad, campuran yoghurt, pemanis es krim, smoothies, kue, jus, hingga puding. Manfaat buah kiwi bagi tubuh adalah sebagai sumber nutrisi yang kaya akan vitamin C, vitamin A, vitamin E, vitamin K, kalium, asam amino, folat, dan kalsium. Selain itu, buah ini juga mengandung banyak antioksidan dan merupakan sumber serat.

Baca juga: 7 Buah Ini Miliki Manfaat Luar Biasa Untuk Kesehatan Tubuh

Jaga Kesehatan saat Musim Hujan

Nah, Sobat penting sekali untuk menjaga kesehatan tubuh khusunya saat musim hujan tiba. Konsumsi makanan sehat dan bergizi seperti buah dan sayur agar kondisi tubuhmu tetap bugar, kamu pun bisa melakukan aktivitas dengan nyaman. Semoga informasi yang TimiKimi berikan dapat bermanfaat dan memberikan inspirasi untuk Sobat TunaiKita.